Standar Operasional Prosedur Loket PPOB

Posted on

Berikut ini adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk pelayanan loket PPOB Bukopin agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan serta bisa memaksimalkan keuntungan yang kita dapat. SOP loket PPOB ini berlaku bagi semua loket, baik yang baru buka maupun yang sudah lama sehingga tercipta sebuah situasi kondisi kerja yang nyaman.

  1. Ketika pelanggan datang, sambut dengan senyuman dan tanyakan dengan ramah, hendak melakukan pembayaran tagihan atau melakukan pembelian apakah.
  2. Tanyakan pula ID Pelanggan / Nomor Meter Prabayar / No Telpon kemudian input pada kolom pembayaran / pembelian.
  3. Beritahukan Nama Pelanggan dan Jumlah Pembayaran kepada pelanggan, apakah sudah sesuai.
  4. Jika sudah sesuai maka persilahkan pelanggan untuk melakukan pelunasan terlebih dahulu.
  5. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, JANGAN sekali-kali melakukan pembelian / pelunasan tagihan SEBELUM uang ada di tangan Anda.
  6. Setelah uang SUDAH Anda pegang, konfirmasikan kembali Nama Pelanggan dan Jumlah Pembayaran ke pelanggan. Setelah pelanggan menyetujui barulah lakukan pelunasan / pembelian.
  7. Berikan uang kembalian dan struk kepada pelanggan. JANGAN pernah dengan sengaja tidak memberikan kembalian pelanggan MESKIPUN nominalnya tidak seberapa, terkecuali pelanggan bilang mengikhlaskannya.
  8. Jika transaksi gagal, silahkan lakukan transaksi ulang.
  9. Jika nota tidak tercetak, lakukan cetak ulang struk untuk transaksi tersebut. Pastikan sesuai dengan waktu pelunasannya.

 
Demikian informasi mengenai standar operasional prosedur (SOP) loket PPOB pelayanan Loket Pembayaran Online PPOB Bukopin. Cukup sekian dulu tutorial dari kami dan semoga bermanfaat untuk Anda.